Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan

kali ini kita ada dua buah pembahasan yaitu Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan. Berikut ini penjelasan lengkap

Rantai Makanan 

Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dengan urutan dan arah tertentu. Pada peristiwa tersebut terjadi perpindahan energi dari produsen ke konsumen, dan selanjutnya ke pengurai. Konsumen tingkat pertama juga disebut konsumen primer, dan konsumen tingkat ketiga disebut konsumen tersier. Tingkatan-tingkatan ini disebut trofik. Konsumen puncak merupakan konsume terakhir dan bila mati akan diuraikan oleh dekomposer. Contoh rantai makanan adalah sebagai berikut:


Pembagian Rantai Makanan
 

Beberapa ahli ekologi membagi 4 jenis rantai pokok di dalam sistem rantai makanan, antara lain sebagai berikut:

Rantai makanan Perumput
 Tipe rantai makanan ini adalah tipe yang paling umum dikenal. Ciri-cirinya mata rantai makanan selalu diawali dari tumbuhan hijau (sebagai produsen). Kelompok herbivora sebagai konsumen I, karnivora sebagai konsumen II, dan pemangsa karnivora menempati konsumen berikutnya 
Perhatikan contoh rantai makanan berikut.
a.    Ekosistem Darat
        Rumput - katak - belalang - ular

b.    Ekosistem Perairan
        Fitoplankton - zooplankton - kecebong - ikan

c.    Ekosistem laut
       Alga - zooplankton - ikan teri - ikan

Rantai makanan Detritus

Ciri khas tipe rantai makanan ini adalah detritus berperan sebagai produsen. Detritus adalah sisa hancuran (fragmen) organisme yang telah mati. Detritus dikonsumsi oleh detritifor yang terdiri dari hewan-hewan kecil seperti rayap, cacing tanah, keluwing, teripang, dsb.

contoh rantai makanan detritus:
Kayu - rayap - ayam - musang

Rantai makanan Parasit
Parasit adalah istilah bagi organisme yang hidup dengan cara merugikan organisme lain (inang). Ciri khas tipe rantai makanan ini adalah terdapat organisme kecil yang memangsa organisme besar.

Contoh rantai makanan parasit.
darah kerbau - kutu - burung jalak - elang


Rantai makanan Saprofit

Ciri-ciri rantai saprofit dimulai dari penguraian jasad mati makhluk hidup oleh organisme saprofit. Contoh organisme saprofit adalah bakteri, jamur, dan lumut kerak. Saprofit adalah istilah bagi organisme yang mampu mengurai sisa-sisa organisme yang telah mati. Organisme saprofit berbeda dengan detritifor. Saprofit mengurai bahan organik sisa jasad mati menjadi bahan anorganik (mineral) yang diserap lagi oleh tumbuhan.

Contoh rantai makanan saprofit.
Kayu lapuk - jamur - ayam - rubah
 
Jaring-Jaring Makanan
Jika dalam rantai makanan dapat ditarik satu garis lurus, pada jaring-jaring makanan ini, peristiwa makan dan dimakan tidak sesederhana yang kalian bayangkan karena satu makhluk hidup dapat memakan lebih dari satu jenis makanan dan satu makhluk hidup dapat dimakan oleh lebih dari satu makhluk hidup sehingga garis yang terjadi saling bersilangan.



Dalam kehidupan ini, rantai makanan dapat saling berhubungan satu dengan yang lain sehingga dapat membentuk suatu jaring-jaring yang sangat kompleks. Keadaan inilah yang disebut dengan jaring-jaring makanan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: